Rabu, Oktober 21, 2009

waduk gajah mungkur


giriwoyo.blog. tahukah anda. dimanakah sumber air yang mampu memenuhi bengawan solo. seperti dalam lagu ciptaan sang maestro Gesang, airmu mengalir sampai jauh, akhirnya ke laut...bahkan sampai meluap.. dan air bengawan solo, mengalami pasang dan surut dari hari ke hari, dari tahun ke tahun.

giriwoyo river
giriwoyo sebagai salah satu sumber air yang berpartisipasi mengisi bengawan solo. giriwoyo dan sekitarnya, terdapat anak anak sungai. mereka mengalir, mengisi waduk gajah mungkur. dari waduk gajah mungkur, air mengalir mengisi bengawan solo. oleh karena sungai itu lebar, maka disebut bengawan. karena sungai itu melewati solo, maka disebut bengawan solo. entah mengapa akhirnya disebut bengawan solo. apakah karena alasan tersebut diatas.
bengawan solo, mempunyai banyak cerita, mempunyai banyak kisah masyarakat. baik untuk kalangan orang mampu, maupun kalangan masyarakat kurang mampu. sementara ada rakyat yang hanyut karena rumah mereka ditepi bengawan solo. rumah sudah kurang memadai, menempel ditepi sungai alias di DAS (daerah aliran sungai). hanyut tanpa bekas, disaat air meluap, rumah rumah tersebut disapu bersih. itu belum bengawan solo melakukan banjir bandang. saat bengawan solo banjir besar, rumah orang kaya yang bertempat di luar DAS, ikut terendam. harta elektronik, dan harta yang diperoleh dari manca negara harus diganti alias konsleting. jalan jadi becek, rusak karena aliran bengawan solo melebar ke daerah penduduk.
akan tetapi, bengawan solo, tetap akrab dengan penduduk. mereka yang kurang mempu memanfaatkan bengawan solo. demikian juga mereka yang mampu, tetap memanfaatkan bengawan solo. tidak heran jika di kota solo terdapat petugas pemantauan bengawan solo. pemantauan kondisi air, pengaruh lingkungan bengawan solo, dan kondisi lain yang diakibatkan oleh bengawan solo.

waduk gajah mungkur
surat suratan, dan alam selalu berkaitan satu dengan yang lain. solo tidak hujan, tetapi kog air bengawan solo keruh, warna coklat, kotor, banyak sampah, mengapa. hal ini karena waduk gajah mungkur penuh dengan lumpur. lumpur yang disetor oleh anak anak sungai yang mengisi waduk gajah mungkur. anak anak sungai rajin membawa lumpur dari bukit bukit disekitar waduk. maka waduk gajah munkur menjadi keruh.
oleh karena tampungan waduk mempunyai ambang batas, maka pintu air harus dibuka. air mengalir..bengawan solo terisi. warna air bengawan solo sama dengan warna air di waduk gajah mungkur. ada hulu ada udik, ada ujung ada pangkal. bagaimana di hulu, bagaimana di muara, tidak beda, alias sama. sami kemawon.
mengapa waduk gajah mungkur semakin tinggi kadar endapan. tidak lain adalah lumpur dari bukit/gunung disekitar waduk, mengalir cepat masuk dalam waduk. pohon pohon yang terkenal di wonogiri, semakin terkenal ditempat lain, alias ditebang dan dijual ke luar wilayah. ada berapa truk yang dapat kita hitung, mereka mengangkut pohon pohon gelondongan yang melintas tiap hari.
wonogiri dapat menjadi bukan wonogiri lagi. wono adalah alas, hutan. giri adalah gunung. wono giri adalah gunung yang penuh pohon. akan tetapi nama wonogiri tetap wonogiri. realita perlu dicermati. pohon jati wonogiri cukup terkenal di wonogiri dan di luar wonogiri. maka banyak peminat akan kayu kayu dari gunung wonogiri. bapak bapak, ini adalah jati asli wonogiri. akan tetapi, akankah wonogiri menjadi bukan wonogiri ? reboisasi jawabnya. reboisasi, ya reboisasi. menanam kembali. bukan menebang, tetapi menanam dan menanam. dari rakyat sampai yang memerintah rakyat. dari ide, tindakan dan perawatan.
dulu adalah wonogiri, sekarang adalah wonogiri, dan nanti juga wonogiri. waduk gajah mungkur tetap di wonogiri. waduk yang sejuk, indah karena didukung oleh alam sekitar. waduk yang jernih, bening, karena air yang mengalir adalah jernih, air bening mengalir dari bukit gunung disekitar. hal ini terjadi karena alam disekitar waduk adalah tetap wonogiri, alias hutan, alias alas. wonogiri ku, wonogiri kita, wonogiri juga bagian dari Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar