Selasa, Oktober 13, 2009

pramuka nasional

giriwoyo.blog. rapat pramuka katolik tanggal 9-11 oktober 2009 sudah berlangsung di tanjung karang lampung sumatera. kegiatan tersebut merupakan langkah awal gerakan pramuka katolik yang sudah menjadi pramuka nasional. sementara ini pramuka kalotik masih sebatas jawa bali lampung palembang, disingkat jabalambang. mulai tahun 2010 sudah masuk dalam mnpk (majelis nasional pendidikan katolik). selanjutnya disebut tkk mnpk (tim kerja kepramukaan mnpk).

jabalambang
awal perjalanan dimulai dengan sebuah pemikiran dan permenungan, sebagai seorang katolik, sebagai seorang pramuka agar berbakti dan mengabdi untuk Tuhan dan untuk negara. Rm Sewaka dan beberapa tokoh pramuka katolik berziarah ke gua maria, berdoa, dan memikirkan sumbang bakti seorang pramuka katolik untuk semua umat, untuk negara. al hasil adalah pertemuan demi pertemuan terjadi. secara periodik. diawali dengan paguyuban lalu terjadi organisasi jabalambang. berbagai kegiatan pramuka katolik sudah berjalan, diadakan untuk kegiatan tingkat siaga, tingkat penggalang, tingkat pembina. tempat kegiatan juga silih berganti. bulan juni akhir dan awal juli 2010 sudah direncanakan kegiatan jumpa pembina katolik di palasari bali. rencana setiap tkk dari mpk/bks akan mengirimkan kontingen ke bali. acara kegiatan antara lain tentang kepramukaan, dan kegiatan ziarah di gua maria palasari. singkat cerita ada kegiatan rohani, kegiatan pengetahuan, kegiatan ketrampilan, kegiatan sosial dengan sistim live di rumah penduduk setempat.

tkk mnpk
adalah awal baru pramuka katolik di Indonesia, tidak sebatas se jabalambang, tetapi sudah mulai mewadai pramuka katolik se Indonesia. jiwa katolik, jiwa pramuka untuk negara dan bangsa Indonesia dan untuk kemuliaan Allah. pramuka katolik membangun karakter anak melalui pramuka dan demi kesejahteraan umat secara umum. setiap tkk mpk/bks mempunyai tanggungjawab untuk mengembangkan pramuka di wilayahnya masing masing. setiap gugus depan mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkan anak didik. tidak terbatas untuk anak katolik, tetapi untuk semua anak yang dididik di unit kerja masing masing.
garis komando sudah jelas. kegiatan sudah jelas. kapal sudah berlayar. dari setiap dermaga sudah disingahi untuk saling berbagi dan mengisi demi kebaikan dan demi kemulian Allah.
maju terus pramuka katolik, pramuka Indonesia. jiwa katolik, jiwa pramuka untuk anak anak bangsa Indonesia, demi kemuliaan Allah. jaya pramuka Indonesia.
lebih lengkap http://jabalambang.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar