Sabtu, Oktober 03, 2009

hari batik

semarang.blog. ketika saya diluar desa. saya mendapat telepon, bahwa tanggal 2 oktober 2009 harus memakai batik. spontan saya bertanya, mengapa. dia menjelaskan, bahwa batik Indonesia diakui oleh UNESCO, maka sebagai penghargaan, maka kita mendapat perintah untuk bersragam batik. langsung ku jawab. oke.
pengakuan dan penghargaan yang baik di tingkat dunia adalah memerlukan proses panjang. mereka mengakui, karena batik di Indonesia ada. batik di Indonesia dikembangkan. UNESCO mengakui dan memberi penghargaan, tentu dengan pertimbangan yang matang, tidak gegabah. kita sebagai bangsa Indonesia, yang memiliki batik, yang mengembangkan batik, tentu tidak akan diam, tidak sekedar bangga dan berbesta ria dengan memakai sragam batik dimana mana.
batik beraneka ragam motifnya, beraneka ragam sang pembuat, beraneka ragam makna filsafatnya. sudah saatnya kita bersatu. batik Indonesia adalah batik warisan leluhur bangsa Indonesia. batik perlu kita jaga dan kita lestarikan bersama. kita boleh bangga, tetapi sekaligus mempunyai tanggung jawab yang tidak ringan, yakni melestarikan, dan mengembangkan terus menerus dari generasi ke generasi. semoga.

1 komentar:

  1. semoga...dan memakai batik terlihat klasik dan elegan, apapun corak dan motifnya. ayo..kita turut serta nguri-uri warisan leluhur kita.

    BalasHapus