Sabtu, Oktober 03, 2009

biopori

semarang.blog. kita semua senang apabila musih hujan tetap aman, tentram, damai, tidak terjadi ancaman banjir, pohon tumbang, atau ancaram rumahku akan kebanjiran. menanggapi hal ini terdapat banyak macam cara untuk mengatasi banjir, atau mengatur air hujan, sehingga air hujan tidak segera menjadi banjir. beberapa hal tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:

biopori
adalah usaha manusia untuk membuat pori pori tanah. tanah di bor, sehingga lubang. lubang tersebut untuk jalan masuk air hujan. sehingga air hujan tidak hilang berlalu tanpa bekas. dengan biopori, terdapat lubang lubang disetiap permukaan tanah. air hujan masuk dalam tanah, melalui biopori biopori. proses air yang melaju cepat dapat terhambat dengan adanya biopori biopori. air yang masuk dalam tanah akan menambah cadangan air tanah. air tanah sangat berguna bagi setiap kehidupan, termasuk untuk manusia. biopori adalah tanggung jawab setiap manusia, baik yang tinggal di daerah bukit, maupun di lembah, perkotaan.

terasiring
adalah penataan di daerah perbukitan. pola menanam tidak asal menanam, tatapi lahan yang dikerjakan dibuat terasiring. tujuan terasiring adalah untuk menghambat laju air. menghambat laju tanah yang terbawa air. air hujan akan terhambat, dan masuk dalam tanah. kondisi tanah semakin baik, dan cadangan mata air semakin bertambah. mata air menjadi sarana kehidupan bagi setiap manusia, setiap kehidupan yang ada di alam. para penduduk yang tinggal diperbukitan dapat melakukan olah tanah dengan terasiring. sementara penduduk yang tinggal di lembah, terus berbenah diri dengan sarana biopori.

menanam
menanam adalah gerakan yang tetap, baik sekali untuk menjaga kelestarian alam. dengan menanam manusia akan mendapatkan banyak manfaat. jika menanam bibit mangga, akan mempunyai pengharapan hasil mangga. alam sekitar sejuk karena terdapat air. persediaan O2 dapat tercukupi dengan sempurna, karena terdapat pohon pohon.
gerakan menanam ini, didukung oleh gerakan hari pangan sedunia. panitia hari pangan sedunia, semakin meningkatkan kerjasama dalam meningkatkan ketahanan pangan dunia. pangan dunia semakin meningkat, apabila terjadi kesadaran semua penduduk untuk menanam dan menanam. melalui gerakan menanam, maka akan terjadi gerakan menanam bibit pohon. hasil dari penanaman adalah untuk manusia, dan untuk melestarikan alam sekitar. manusia untung dan alampun untung.semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar