Senin, Oktober 26, 2009

maria

solo.blog. hari minggu, sebagai harinya Tuhan, tanggal 25 oktober 2009 terjadi pertemuan para romo, bruder, suster yang tergabung dalam IKHRAR Kevikepan Surakarta. pertemuan tersebut bertempat di aula rumah sakit Brayat Minulya. sebuah aula yang sejuk karena terdapat fasilitas ac. para peserta pertemuan saling meneguhkan dalam menjalankan tugas perutusan. pertemuan ini dipimpin oleh Br. Heribertus Irianto FIC selaku ketua IKHRAR dan romo Giyono PR selaku romo moderator, yang bertugas di paroki Wonogiri.

maria pelindung
awal pertemuan, romo Giyono, memberikan pengantar tentang Maria. Maria sebagai bunda Yesus, bunda Gereja, menjadi pelindung berbagai tarekat, berbagai kongregasi, baik tarekat bruder, suster. Maria dalam kitab suci, tidak banyak disebutkan, akan tetapi Maria mempunyai berbagai gelar. misal, Maria dikandung tanpa noda, Maria Bintang Samudra, Maria Bintang laut. setiap tarekat atau kongregasi memilih pelindung, berdasarkan semangat yang dimiliki dan yang diperjuangkan.
dalam pertemuan kali ini, hadir tarekat/kongregasi sebagai berikut : romo PR, bruder FIC, frater SJ, suster SND, CB, OSU, PI, BKK, OSF, SFD, MASF. setiap anggota tarekat memberikan sharing tentang Maria untuk tarekatnya, dan bagaimana mereka mencoba menghayati Maria dalam hidup mereka. Bruder FIC yang berlindung pada Maria dikandung tanpa noda, selalu merayakan pada tanggal 8 desember, suster CB yang berlindung pada Maria Bintang Samudra, suster PI yang berlindung pada Maria Bintang Laut. bagi mereka yang berlindung pada Maria, berusaha dan mencoba mewujudkan dalam kehidupan sehari-hari tentang devosi Maria. kebanyakan dari mereka menjalankan doa rosario. rosario merupakan bagian yang akrab bagi mereka yang berlindung pada Maria, bunda Yesus, bunda Gereja.

pesta Santa Maria dalam liturgi
1 januari Maria Bunda Yesus Kristus, 11 februari Bunda Maria menampakkan diri di Lourdes, 25 Maret Maria menerima kabar dari malaikat, 31 Mei Maria mengunjungi Elisabeth, 16 Juli Bunda Maria dari Gunung Karmel, 15 Agustus Maria diangkat ke Surga, 8 September Kelahiran Bunda Maria, 7 Oktober Maria Ratu Rosario, 21 November Bunda Maria dipersembahkan kepada Allah, 8 desember Maria dikandung tanpa noda.
peringatan peringatan Maria seperti tersebut diatas, mewarnai setiap para pengikut tarekat, mewarnai setiap pengikut kongregasi yang berlindung pada Maria. demikian juga dengan masa liturgi gereja, misal bulan Oktober menjadi bulan rosario, para umat Katolik diajak semakin berbakti pada Yesus melalui kebaktian kepada Maria dengan doa rosario. bulan Mei sebagai bulan Maria yang selalu mewartakan kabar gembira kepada sesama, oleh karena itu tidak heran, jika bulan Mei, merupakan bulan yang sibuk di setia Gua Maria.

asma dalem mariyah
5 3 5 1 2 / 1 5 . 6 /4 3 5 3 / 2 . . .
asma dalem ma ri yah, damel trenyuh ma nah.
mring pra putra mariayah, ingkang setya tansah
* mugi asma mariyah, dumeling ing manah
yen amba tinimbalan , nyuwun langgeng bingah.
asma ingkang pinuji ing sagunging bangsa
asma paring prajanji mring putra kang setyo ke *
yen amba nandhang susah, nyuwun sihing lipur
asma dalem mariyah, paring berkah luhur ke *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar