Selasa, Oktober 06, 2009

oglangan

giriwoyo.blog. kata oglangan menurut daerah tertentu adalah listrik mati, listrik padam. sementara menurut masyarakat giriwoyo, kata oglangan adalah bergilir, alias bergantian. tukang parkir perlu dioglang, agar petugas parkir tidak terlalu capek. kata dioglang dalam kalimat tersebut mempunyai maksud digilir, bergantian.

listrik padam
jika listrik padam adalah hal yang sudah biasa, apabila listrik padam di wilayah giriwoyo dan sekitarnya. saat hujan deras ditambah berangin, listrik akan padam. saat ada giliran pemadaman listrik, maka listrik juga dipadamkan. saat terjadi kerusakan di jalur jaringan, maka listrik padam. saat terjadi perbaikan jaringan listrik, maka listrik dipadamkan. saat dilakukan penebangan pohon pohon yang mengganggu jaringan listrik, maka listrik padam, dipadamkan.
meskipun hal ini terjadi, tetap bersyukur, karena daerah lain lebih banyak padam, dipadamkan. atau bahkan belum ada listrik. oleh karena itu, lampu badai, lampu minyak, sentir, lilin dan alat penerang sejenisnya, merupakan sarana pendamping utama untuk alat penerangan. sudah cukup dan sudah dapat diterima, karena masyarakat banyak kerja di ladang, dan pulang sudah lelah, capek, maka saat tetap untuk tidur, biar kondisi badan segera baik dan segar di pagi hari.

kurang dan berbeda
selain padam, dipadamkan, listrik giriwoyo dan sekitarnya, mengalami daya yang kurang. waktu sore/petang adalah saat beban berat. semua penduduk menggunakan listrik untuk berbagai macam aktifitas. oleh karena itu, jangan mencoba menghidupkan pompa air, atau seterika jika daya listrik di rumah anda kurang. maka pompa tidak akan dapat berjalan. oleh karena menyadari hal tersebut, maka cukup lampu penerang saja yang digunakan. jangan menggunakan listrik untuk aktifitas yang berat berat.
sementara di daerah tertentu dengan cahaya redup, kebutuhan listrik saling berebut untuk penerangan rumah aja kurang, ditempat lain lampu gemerlap bercahaya warna warni, bahkan sinar lampu sampai panas menyengat kulit halus. tidak sekedar untuk penerangan lampu rumah, kebun perlu diberi lampu, pohon juga perlu diberi lampu, sudut rumah, sudut jalan dan semua titik diberi lampu. bagaikan siang hari, seakan tidak pernah ada gelap, tidak ada malam.
mari hemat listrik. hemat ya..mohon anda hemat..jika saya tidak perlu hemat karena saya memang memerlukan listrik banyak...terima kasih...karena anda mau berhemat listrik, maka rumah saya lebih terang, lebih banyak lampu yang kunyalakan, karena rumput halaman saya memerlukan lampu. terima kasih atas penerimaan anda. sekali lagi hemat listrik. karena air waduk sudah berkurang, bahkan ada generator yang harus diem tidak operasi. terima kasih anda mau menggunakan lampu remang remang...tentu anda lebih menikmati daripada lampu yang menyala terang benderang.

2 komentar:

  1. ya..itulah situasi dan realita yang terjadi..

    BalasHapus
  2. maklumlah...kan agak jauh dari kota.
    he.he.dinikmati aja..lama-lama terbiasa dan tidak terganggu kog.
    oce...

    BalasHapus