Sabtu, Oktober 03, 2009

semarang banjir

semarang.blog. malam ini jam 22.15 wib, tanggal 3 oktober 2009, semarang sedang hujan. reaksi spontan, puji Tuhan. hujan yang lama dinanti sudah tiba. cuaca yang panas menjadi sejuk, terasa badan jadi enak, tidak gerah, cuaca panas dan badan berkeringat terus.

banjir
hari pertama hujan menyenangkan bagi semua pihak. kendala panas, kurang air dapat segera tercukupi dengan air hujan secara baik. akan tetapi selang beberapa hari akan terjadi banjir. berita tentang banjir akan segera mengisi di media masa dan elektronik. para pakar banjir, pakar mengatasi banjir mulai muncul, mulai laris manis masuk di media masa dan elektronik. semua membahas, semua menanggapi dengan seksama. polemik di media masa dan elektronik menjadi lahan bisnis yang menarik untuk menambah jumlah oplah cetak.
para pakar membahas banjir dan cara cara mengatasi banjir dari berbagai sudut pandang. mereka menulis, mereka memberikan komentar, mereka memberikan solusi cara mengatasi banjir. hal ini akan terjadi setiap awal hujan, dan selama hujan berlangsung. akan tetapi setelah hujan mulai reda, berita di media masa dan elektronik sudah ganti acara. pokoke..ikut situasi yang ada, mengikuti kejadian yang ada, semua jadi sumber berita yang baik dan menarik.

tidak ada yang benar
ketika banjir datang, semua benar, semua salah. mereka yang berada di daerah bawah atau mereka yang sering mendapat banjir akan menuduh penduduk di bagian atas/pegunungan yang ceroboh karena tidak mampu merawat alam, karena mereka banyak menebang pohon. para penebang liar, para penduduk di bukit tidak bertanggung jawab dst dst.
sementara yang tinggal di atas, atau di daerah perbukitan menuduh penduduk bagian bawah bukit, mereka membuang sampah di sembarang tempat, sehingga menghambat laju air. mereka kurang membuat biofori, tidak membuat resapan. semua lahan ditanami cor beton, semua di semen, tidak ada sisa untuk lahan rumput, lahan pohon dst dst.

komunitas
dalam pelajaran di sekolah dasar, kita semua sudah diajarkan konsep KOMUNITAS. digambarkan dalam komunitas kolam terdapat ikan, katak, tumbuhan, air dst. semua saling hidup berdampingan. mereka hidup tergantung satu dengan yang lain. mereka akan mati jika tidak ada air. komunitas kolam terdiri dari berbagai unsur, ada unsur abiotik dan biotik. apabila komunitas ini tidak saling tergantung, dan mereka hanya saling menang, maka terjadilah masalah dalam komunitas. komunitas diperlukan keseimbangan satu dengan yang lain. setiap unsur komunitas mempunyai peranan, mempunyai tugas dan tanggung jawab masing masing. berbeda beda, tetapi dalam satu kesatuan. inilah sistem. setiap unsur perlu sinergi, jadilah hidup, jadilah kedamaian, jadilah kemakmuran.
komunitas manusia tidak dapat dipisahkan dari komunitas alam sekitar. manusia adalah bagian dari alam sekitar. manusia tidak dapat lepas, atau hidup sendiri dari komunitas alam sekitar. manusia hidup dari komunitas alam. alam memerlukan manusia dan manusia memerlukan alam sekitar. apabila terjadi ketidakseimbangan antara manusia dan alam, terjadilah ketimpangan, selanjutnya terjadilah perampasan hak lain. manusia dapat merampas hak alam, dan alam mampu merampas hak manusia. manusia akan menyebut bencana alam, tetapi jika manusia merampas alam, manusia akan mengatakan : manusia tidak merampas, tetapi memanfaatkan alam....kok...aneh.
semoga manusia dan alam seimbang. manusia mengolah dan menjaga alam, agar komunitas tetap harmony, terjadi keseimbangan dalam komunitas alam. alam ramah, manusia ramah terhadap alam. saat musim hujan, tidak gelisah banjir, rumah tergenang air dan sebaliknya di musih kemarau, tidak perlu gelisah kekurangan air dst. semoga.

1 komentar:

  1. bukankah ada lagu dengan syair...
    "semarang kaline banjir..."
    lha kalau tidak banjir..lagunya nanti berubah dong. he.he.
    oce..mari bersama-sama bersahabat dengan alam, supaya alam juga mau bersahabat dengan kita.

    BalasHapus