Sabtu, November 07, 2009

irigasi sungai progo

boro.blog. sungai progo merupakan sungai yang terkenal di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). oleh karena itu, ada wilayah yang disebut Kulon Progo, dan wetan (timur) Progo. sungai Progo, mampu mengaliri dua irigasi, yaitu irigasi (selokan) Mataram dan selokan Kalibawang. selokan Mataram, mengalir dari sungai progo, dekat kota kecamatan kalibawang menuju ibu kota Yogyakarta. sedangkan selokan kalibawang, mengalir ke wilayah kabupaten kulon progo. berkat irigasi tersebut, para petani yang mendapat aliran sungai progo, dapat panen dua kali dalam satu tahun. sementara pada waktu sebelumnya terdapat dua selokan terseut, para petani hanya mengandalkan air tadah hujan.
pembangunan irigasi mataran dan irigasi kalibawang, pada masa gubernur Sri Sultan HB IX. sebuah terobosan yang bagus untuk kemakmuran rakyat DIY. aliran selokan, tidak setiap saat dialiskan oleh petugas. akan tetapi ada saat saat harus berhenti dan ditutup dalam rangka mengatur sirkulasi pola tanam petani. disamping untuk memutus mata rantai hama tanaman. sementara aliran selokan ditutup, pihak pengelola selokan dapat melakukan perbaikan jalur selokan.


selokan kalibawang, yang asri, sejuk, melintas di daerah desa banjarasri, kecamatan kalibawang.




selokan kalibawang, dalam kondisi kosong, proses perbaikan dan proses perawatan. para penduduk sekitar dapat mencari ikan sebagai lauk secukupnya.

1 komentar: