Rabu, September 23, 2009

saya oke kamu oke

'dasar tidak tahu diri, egois, kejam'teriak ami kepada budi.pagi hari sudah diwarnai dengan perang mulut.al hasil adalah salah paham dan pertengkaran semakin berkembang karena merasa menang, dan saling merasa benar.salah paham yang terus menerus akan membuat komunikasi, hubungan personal menjadi terhambat.oleh karena itu perlu saling menahan diri, menarik diri, untuk saling memahami, mengerti, sebelum melanjutkan perang tanding.

saya oke
saya oke adalah kondisi dimana saya sedang dalam posisi damai, berdamai dengan diri, dan siap menerima segala hal yang masuk dalam diri.penerimaan ini sangat penting, dan perlu disadari bahwa diri sendiri sedang dalam posisi oke, berdamai dengan diri sendiri.kondisi diri sendiri sedang seimbang, tidak bermasalah dengan diri dan tidak bermasalah dengan pihak lain. kondisi yang demikian adalah baik, dan akan menjadi bijak dalam menghadapi banyak hal.

kamu oke
pihak lain dalam posisi oke, damai dengan dirinya sendiri.kondisi yang demikian adalah baik untuk berkomunikasi dengan diri sendiri maupun dengan pihak lain. pihak lain dapat masuk dan diterima secara bijak. apabila kondisi oke, menunjukkan pribadi tersebut sedang dalam keadaan yang seimbang, tidak bermasalah dengan diri sendiri, maupun dengan pihak lain.

saya oke kamu oke
situasi dua manusia dalam kondisi yang seimbang, tidak bermasalah dengan diri sendiri maupun dengan pihak lain.komunikasi saya dan kamu menjadi oke, tidak terjadi salah paham.mereka dapat saling memahami, saling mengerti, sehingga saya dan kamu dapat melakukan aktifitas dengan baik.saya mampu memahami kamu dan kamu dapat memahami saya.kondisi saya oke dan kamu oke dapat diciptakan oleh saya dan kamu.kondisi yang demikian perlu terus diperjuangkan, bukan ditunggu.

salah satu tidak oke
adalah kondisi yang kurang baik, kurang tetap jika melakukan komunikasi dengan pihak orang lain.komunikasi dengan diri sendiri saja kurang mampu, apalagi akan berkomunikasi dengan pihak lain.al hasil adalah salah paham, dan permasalah semakin melebar, dan semakin tidak jelas permasalahan yang terjadi.
oleh karena itu, saya harus menyadari, dan kamu juga harus menyadari. kondisi saya oke atau tidak, dan kondisi kamu oke atau tidak.jika salah satu tidak oke, perlu sabar dan perlu berdamai dahulu sebelum melakukan komunikasi dengan pihak lain.jika saya oke dan berdamai dengan diri, dan kamu oke dengan diri,berdamai dengan diri sendiri, maka niscaya komunikasi dengan diri makin baik dan komunkasi dengan pihak lain juga semakin baik.
kata-kata kejam, egois, dst seperti tersebut di atas akan dapat teratasi dengan baik, jika kedua belah pihak saling memahami diri, sebelum meminta orang lain memahami. damai dengan diri, langkah awal berdamai dengan pihak lain.selamat mencoba.

1 komentar:

  1. bener! komunikasi yang oke dan oke akan menjadi harmonis.
    tapi sayang sekali...untuk sampai pada tetap sama-sama oke tidak mudah.
    butuh perjuangan.
    yang terjadi...sama-sama egois atau salah satu yang egois.
    piye ya...

    BalasHapus