Rabu, September 23, 2009

mete murah

anda suka mete.beli aja di toko yang jual mete atau sms atau telepon aja kepada seseorang yang jual mete agar dikirim mete.mete memang enak tapi juga tidak enak di badan.perlu anda tahu, mengapa mete murah.menurut teori ekonomi, makin banyak mete, dan pembeli berkurang, maka harga akan murah.akan tetapi, mengapa harga mete kok mahal...mau tahu apa dan bagaimana mete ????

kota mete
banyak orang menyebut bahwa kota mete adalah wonogiri.mete identik dengan wonogiri.wonogiri adalah kabupaten, masuk dalam provinsi jateng.tidak semua kecamatan menghasilkan mete.ada beberapa kecamatan menjadi penghasil mete.

proses mete
saat musim mete, petani mete memetik jambu mete.jambu dibiarkan dibuang saja.selanjutnya biji mete dibawa pulang.ada petani yang menjual mete mentah, ada yang sudah berupa kupasan.harga mete semakin meningkat, dari petani, pengepul, toko, sampai ke swalayan.mete yang sudah dijual di pasar tradisional, dan toko beraneka macam.ada yang super, apa yang biasa.kata penjual, jika mete super adalah mete yang utuh, tidak pecah, tidak kecil-kecil.tetapi yang biaya adalah mete yang pecah, kecil.

mete berkurang
mete berkurang karena pohon penghasil mete lebih banyak ditebang daripada ditanam.pohon mete ditebang karena mete sekali panen dalam satu tahun.petani menganggap tidak cukup menghasilkan, sementara itu ada pohon mete yang ditebang karena pembangunan; jalan, rumah dst.sebenarnya pohon mete yang sudah besar dapat menghasilkan beberapa kg.perawatan mudah, tidak perlu banyak air.

sdm
kembali pada proses alam.ada perhatian.ada pemeliharaan dan pengembangan.jika pohon mete tidak memberikan nilai ekonomi yang mencolok, memang lebih baik ditebang.efek samping, tanah gundul, dan ....pecinta mete...makin gigit jari...karena mete sudah tidak ada.sumber daya manusia menjadi kunci mete akan berkembang atau mete akan menjadi kenangan.saat ini kita dapat makan mete, memetik mete, padahal kita tidak menanam.orang tua atau para pendahulu yang menanam tetapi belum sempat menikmati.mereka yang bijak, mereka yang tahu diri dan berani berbuat baik untuk anak cucu.demi lestari alam sekitar.wonogiri alam yang baik dan cocok untuk mete.mari kita tanam.bukan untuk sang penanam.tetapi untuk alam sekitar dan demi generasi yang lebih baik.

3 komentar:

  1. betul..makin hari harga mete makin naik..ternyata produksi mete makin berkurang..waduh...tolong donk..perbanyak pohon mete..biar wonogiri tetap jadi kota mete
    salam sukses bung...

    BalasHapus
  2. kok mete mahal harganya...
    tapi baik untuk hadiah para petani mete
    tetapi tetap perlu dikembangkan pohon mete
    budidaya mete...

    BalasHapus