Selasa, Desember 22, 2009

krisis umur medior


Bandungan.blog. midlife crisis. Kritis medior. Yang dimaksud midlife crisis, dialami oleh orang berumur sekitar 40-60 tahun. Sudah lama dialamai, tetapi merasa belum berjalan baik.
Hal mendasar tentang midlife crisis
1. sudah lama bekerja, tetapi merasa belum berjalan baik, merasa belum berhasil, merasa belum happy, merasa belum cocok. Maka ada kecenderungan untuk pindah kerja, ganti suami atau ganti istri, dengan harapan (anggapan) akan mendapat yang lebih baik sesuai dengan cita-cita, harapan.
2. Banyak mengalami kegagalan, padahal sudah lama bekerja, sudah merasa lama mengabdi. Merasa diri tidak berhasil, dan krisis mau meninggalkan pekerjaan yang sudah ditekuni.
3. Sulit menerima dri, menerima perubahan fisik, spikologis, rohani. Misal dulu lincah, makin tua tidak lincah lagi, mudah capek, lalu tidak PD (percaya diri)

Gejala dasar krisis tengah umur
1. Tidak tenang, mudah gelisah, berubah sikap karena tidak percaya diri.
2. Spikologis tidak stabil, mudah berubah keputusan.
3. Merasa tidak nyaman dengan kondisi fisiknya, tidak PD dengan penampilan dirinya.

Sebab-sebab midlife crisis
1. perubahan fisik; dulu muda cantik, sekarang tua keriput, tidak PD karena mulai beruban, mulai botak, mulai gembrot tidak langsing lagi. dulu sehat, sekarang mudah sakit. Dulu lincah dapat kesana kemari, kini terbatas, mudah capek, lingkungan terbatas.
2. spikologis; sulit atau belum mampu menerima perubahan diri, situasi yang ada tidak sesuai dengan cita-cita, tidak sesuai dengan idealisme-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar